Profil Perusahaan

 

 

Didirikan tahun 1983 dengan nama PT Elang Mahkota Teknologi (Grup Emtek), perusahaan yang menyediakan layanan komputer pribadi, Grup Emtek telah berkembang menjadi kelompok perusahaan modern dan terintegrasi yang memiliki tiga divisi usaha utama, yaitu Media, Telekomunikasi dan Solusi TI, serta Konektivitas.

Divisi Media meliputi tiga saluran televisi: SCTV, Indosiar, dan O Channel. SCTV merupakan salah satu saluran televisi tidak berbayar terkemuka yang berlingkup nasional dengan jumlah pemirsa lebih dari 160 juta di lebih dari 240 kota di seluruh Indonesia. Indosiar merupakan salah satu saluran televisi tidak berbayar terkemuka di Indonesia. Sedangkan O-Channel Jakarta menyiarkan acara gaya hidup dan hiburan bagi masyarakat ibukota.

Divisi Solusi menyediakan serangkaian infrastruktur dan jasa informasi dan layanan komunikasi dan informatika dan solusi teknologi untuk industri telekomunikasi, perbankan dan pembayaran ritel, termasuk solusi jasa untuk VSAT terintegrasi, infrastruktur kartu pintar (smart card) dan distribusi ritel dari layanan telekomunikasi.

Divisi Konektivitas mencakup prakarsa-prakarsa baru yang sedang dikembangkan dalam dunia televisi dan layanan internet, termasuk layanan TV digital wireless berbayar untuk kawasan Jakarta dan sekitarnya, dan layanan internet pita lebar nirkabel untuk kawasan Jakarta dan sekitarnya serta Surabaya.

Perusahaan Induk Emtek melaksanakan Penawaran Saham Perdana sebanyak 10% dari jumlah modal disetor di Bursa Efek Indonesia pada 12 Januari 2010 untuk memperoleh dana bagi pengembangan investasi usahanya.

Visi

Menjadi penyedia hiburan dan informasi terkemuka bagi masyarakat Indonesia dan mitra pilihan dalam layanan penyediaan solusi informasi, komunikasi dan teknologi bagi para pelanggan kami.

Misi

    • Kami berupaya setiap hari untuk menjadi pilihan utama dalam penyediaan konten berkualitas bagi masyarakat Indonesia dan membangun reputasi sebagai penyedia layanan terpercaya untuk ragam solusi lengkap dalam rangka memenuhi kebutuhan para pelanggan kami.
    • Kami akan menjadi pilihan utama melalui upaya penyediaan konten yang menarik, pemberian layanan yang unggul dan pengembangan sumber daya manusia kami secara berkelanjutan. Dengan mewujudkan pencapaian tersebut kami akan menciptakan bisnis yang menguntungkan secara berkelanjutan bagi para pemangku kepentingan kami.

Milestone

milestone 2019 image
2019
  • Grup EMTEK melalui PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) turut serta melakukan pernyertaan saham di PT Benson Media Kreasi (“Samara”). Samara bergerak di bidang offline events, marketing influencer dan talent management. Tahun 2019, Samara menyelenggarakan IDEAFEST 2019 dengan tema “Age of Pride” yang diselenggarakan pada tanggal 3-6 Oktober 2019. IDEAFEST 2019 dibagi ke dalam 130 sesi dan dihadiri oleh lebih dari 250 pembicara baik dari dalam maupun luar negeri.

 

  • Selain itu, EMTEK melalui anak usahanya, PT Mediatama Televisi, meluncurkan TV Satelit NEX PARABOLA pada tahun 2019. NEX PARABOLA memberikan tayangan televisi satelit berlangganan terjangkau yang dapat menayangkan kepada pelanggan yang berada di pusat kota maupun yang berada di daerah pedesaan. NEX PARABOLA menayangkan Liga 1, Liga 2, UEFA Champions League, UEFA Europa League dan EFL Championship melalui Champions TV.

 

  • Grup EMTEK melalui PT Screenplay Bumilangit Produksi, EMTEK memproduksi Gundala, film serial tentang Superhero pertama dengan anggaran besar di Indonesia dan film pertama yang ditayangkan dalam serial Bumilangit Cinematic Universe (BCU). Gundala juga satu-satunya film dari Asia Tenggara yang diputar di Toronto International Film Festival (TIFF) 2019.
milestone 2018 image
2018

Ekspansi bisnis terus dilakukan EMTEK pada tahun 2018 dengan mengembangan portal konten digital (online publishing) melalui anak perusahaan EMTEK yaitu PT Kreatif Media Karya (KMK) yang berinvestasi di PT Kapanlagi Dot Com Networks, yang mengelola portal digital yang sudah dikenal oleh masyarakat yaitu: Vidio.com, Liputan6.com, KapanLagi.com, Bola.net, Merdeka.com, Bola.com, Dream.co.id, Brilio.net, dan Fimela.com.

Grup EMTEK mendapatkan kepercayaan sebagai official broadcaster acara olahraga terbesar di Asia yaitu ASIAN Games 2018, yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang berupa penayangan secara langsung di semua platform dibawah Grup EMTEK yaitu: SCTV, Indosiar, O’Channel, Nexmedia, Vidio, BBM dan Liputan6.com, bola.com, dan bola.net.

milestone 2017 image
2017

Ekspansi bisnis terus dilakukan Emtek Group pada tahun 2017. Emtek Group mengembangkan dan melengkapi lagi ekosistem konten dan layanan digital-nya di bawah KMK dengan mendirikan bisnis pembayaran digital di bawah salah satu anak usaha KMK yaitu PT Espay Debit Indonesia Koe (EDIK). EDIK adalah perusahaan pemegang lisensi uang elektronik yang terdaftar di Bank Indonesia. Produk pembayaran digital e-money ini diluncurkan dengan nama DANA, yang pada tahap awalnya akan bersinergi dengan BBM. Kedepannya DANA akan mengembangkan kerjasama dengan berbagai mitra pedagang (merchants) dan institusi layanan keuangan lain untuk mendukung gerakan nasional non tunai (cashless society) di Indonesia.

milestone 2016 image
2016

Ekspansi bisnis terus dilakukan Emtek Group pada tahun 2016. Melalui KMK Online, Emtek Group melaksanakan aliansi strategis dengan Blackberry Limited sesuai dengan ketentuan dimana Emtek Group memiliki izin atas jasa kirim pesan BBM cross-platform global. Selain itu, guna memperkuat posisi divisi online, Emtek Group melalui KMK Online juga melaksanakan Joint Venture dengan Grup Kalbe untuk memberikan layanan kesehatan melalui jasa konsultasi online yaitu Klikdokter.com, dan pesanan layanan antar obat yaitu Klik-apotek.com. Sementara di Divisi Media, Emtek Group melalui SCMA berinvestasi pada penyedia layanan over the top (OTT) terkemuka di Asia Tenggara yaitu Iflix. Expansi bisnis lainnya dilakukan Emtek Group melalui PT Binary Ventura Indonesia (BVI) dalam bidang periklanan Outdoor. Selain di bidang media dan digital, Emtek Group juga melakukan investasi usaha di bidang jasa kesehatan dengan menambah jumlah kepemilikan saham pada RS Usada Insani dan RS Pertamedika Sentul.

milestone 2015 image
2015

Grup Emtek kembali melakukan langkah besar dalam strategi bisnisnya. Di Bulan Juni 2015, Emtek melakukan restrukturisasi divisi medianya, dengan mendirikan perusahaan sub-holding di bidang konten, PT Indonesia Entertainmen Grup, yang merupakan perusahaan patungan antara Emtek dan SCMA, dan memiliki anak-anak usaha yang bergerak di bidang rumah produksi, pembuatan dan pemasaran konten, serta infrastruktur. Selain itu, sepanjang tahun 2015, Emtek juga memperkuat divisi onlinenya, dengan melakukan investasi pada beberapa bisnis startups dan portal terkemuka, baik langsung maupun melalui anak usahanya, antara lain, di bobobobo.com, PropertyGuru Pte., Ltd., Bridestory Pte., Ltd., Hijup.com, Kudo, termasuk juga investasi lanjutan di Bukalapak.com. Divisi media online Emtek, KMK Online, meluncurkan platform video berbasis media sosial, Vidio.com. Bersamaan dengan pertumbuhan industri media online, Emtek melalui anak usahanya, PT Elang Prima Retailindo, meluncurkan kembali Oshop.co.id, situs home shopping, bekerja sama dengan Ochannel.

milestone 2014 image
2014

Pada 2014, Grup Emtek melakukan investasi pada beberapa bisnis, seperti Home Tester Club, Rumah.com, Bukalapak.com, dan RS Pertamedika Sentul.

milestone 2013 image
2013

Pada 2013, Emtek mengambil suatu langkah strategis dalam rangka peningkatan sinergi dalam Grup, dengan melakukan penggabungan usaha SCMA,  induk usaha SCTV dan IDKM, induk usaha Indosiar . Pada tahun ini juga, Emtek menjadi official broadcaster Sea Games 2013 di Myanmar melalui SCTV, Indosiar dan Nexmedia, serta memegang hak siar untuk Barclays Premier League untuk musim 2013/2014, 2014/2015 dan 2015/2016 dan UEFA Champions League untuk musim 2012/2013, 2013/2014 and 2014/2015. Menutup kesuksesan pada tahun ini, di bulan September 2013, Emtek melalui anak usahanya, PT Elang Medika Corpora (“EMC”) dan bersama dengan dua rekan bisnisnya, mengambil alih Rumah Sakit Usada Insani, berkedudukan di Tangerang.

milestone 2012 image
2012

Anak-anak usaha Perseroan yang bergerak di bidang rumah produksi film animasi anak-anak, PT Animasi Kartun Indonesia (“AKI”)  dan online digital media platform, PT Kreatif Media Karya (“KMK”)  yang mengusung nama KMK Online  mulai beroperasi.

milestone 2011 image
2011

Pada Tahun 2011 ini, Emtek mengakuisisi PT Indosiar Karya Mandiri Tbk (“IDKM”), yang menaungi stasiun televisi free to air, PT Indosiar Visual Mandiri (“Indosiar”)  dan meluncurkan layananan televisi digital berbayar bernama NexMedia melalui PT  Mediatama Anugrah Citra. Pada tahun ini juga, PT Screenplay Produksi (“Screenplay Productions”), anak usaha Emtek yang bergerak di bidang rumah produksi mulai beroperasi.

milestone 2010 image
2010

Emtek melaksanakan Penawaran Umum Perdana sebanyak 10% dari jumlah modal disetor di Bursa Efek Indonesia pada 12 Januari 2010 untuk memperoleh dana pengembangan investasi usaha.

milestone 2002 image
2002

Emtek mengambil alih kepemilikan saham strategis di stasiun televisi free-to-air, PT Surya Citra Televisi (“SCTV”), melalui PT Surya Citra Media Tbk (“SCMA”).

milestone 1997 image
1997

PT Elang Mahkota Komputer berganti nama menjadi PT Elang Mahkota Teknologi.

milestone 1983 image
1983

Emtek pertama kali berdiri sebagai perusahaan yang bergerak di bidang usaha peralatan komputer, dengan nama PT Elang Mahkota Komputer.